Monday, June 24, 2019

Alat Komunikasi Kuno dan Modern


ALAT KOMUNIKASI KUNO

1.        Gamelan
 Pada masa dahulu, gamelan merupakan suatu alat komunikasi yg menandakan adanya pergelaran suatu acara. Agar adanya suatu ikatan kebersamaan dalam kesenian.
2.        Bedug

Bedug merupakan sebuah alat komunikasi tradisional yang banyak ditemui di masjid-masjid pedesaan. Bedug terbuat dari kayu dan kulit sapi yang dikeringkan.
Cara pemakaiannya pun sangat simpel, cukup ditabuh dengan kayu, maka bedug akan mengeluarkan bunyi yang menggema. Biasanya, bedug ini dipakai untuk memberitahukan penduduk sekitar akan masuknya waktu sholat.
Mengingat zaman dahulu speaker belum tersebar, maka alat ini sangat membantu warga dalam mengumumkan masuknya waktu sholat.
3.        Isyarat Tangan

Isyarat tangan masih banyak digunakan hingga saat ini. Isyarat tangan sering digunakan untuk menyampaikan pesan rahasia yg hanya dimengerti oleh orang-orang tertentu.
4.        Gong

Alat komunikasi tradisional yang satu ini biasanya dipakai untuk memeriahkan dan membuka suatu seremonial. Tidak ada yang tahu pasti semenjak kapan gong ini sampai di tanah Indonesia, tapi yang jelas, alat ini sudah di gunakan oleh orang-orang zaman dahulu.
Alat komunikasi ini juga mudah kita dapati di tempat-tempat peribadatan agama Budha. Jadi bagi kamu yang ingin tahu gong dengan berbagai jenis ukuran dan motifnya, bisa mengunjungi wihara tempat peribadatan umat Budha.
5.       Bendera

Bendera merupakan salah satu alat komunikasi yg banyak digunakan untuk mengendalikan pergerakan suatu kelompok atau kendaraan seperti mobil atau pesawat. Bendera adalah suatu tanda atau ciri khas yg menandakan status suatu daerah.
6.       Gendang atau Drum

Gendang atau Drum Sering digunakan didalam suatu acara untuk penyambutan atau ciri khas dimulainya suatu acara atau kompetisi.



ALAT KOMUNIKASI MODERN


1.        Microfon

Microfon merupakan alat komunikasi yg sudah ada sejak lama dan masih bertahan sampai saat ini. Microfon termasuk alat yg paling bermanfaat sejak lama. Karena dapat menyiarkan suatu berita secara langsung kepada masyarakat.
2.        Internet

alat komunikasi yang satu ini adalah alat yang paling banyak membuat perubahan pada jalan dan perkembangan sosial budaya di dunia.
Dengan internet memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan orang dibelahan bumi lain dalam waktu beberapa detik. Dengan internet juga memungkinkan orang untuk mengenal lebih jauh tentang apa saja di dunia ini.
Internet juga telah merevolusi banyak pemahaman orang terkait sesuatu. Dengan ditambah adanya sosial media, internet menjadi paket lengkap yang bisa digunakan untuk menambah wawasan dan pengalaman.

3.        LCD Proyektor

Alat komunikasi modern ini biasanya kita jumpai di sekolah-sekolah, perkuliahan atau tempat pelatihan. LCD Proyektor ini berguna untuk menampilkan video, gambar dan data dari komputer untuk ditampilkan di layar datar atau tembok.
Alat komunikasi ini pertama kali ditemukan di New York oleh Gene Dolgoff pada tahun 1968 di dalam kampusnya. Pada awalnya memang alat ini masih belum dalam bentuk sempurna seperti sekarang.
Baru pada tahun 1984, Gene Dolgoff memperbarui alatnya dan membuat LCD proyektor pertama kali di dunia.

4.        Toa

Toa merupakan salah satu alat komunikasi dengan mode pembesar suara, maka dari itu penggunaan toa sering kali di pakai dalam acara demo atau sebagainya sebagai alat komunikasi yg simple tak memerlukan listrik, karena hanya menggunakan batrai

5.        Radar

Radar adalah alat komunikasi modern yang berfungsi sebagai pemberitahun tentang keberadaan suatu tempat atau benda secara akurat. Pemakaian radar ini sangat membantu para pelaut dalam menentukan arah dan mengumpulkan informasi terkait benda di sekitarnya.
Rada sekarang sudah menjadi alat komunikasi wajib bagi kendaraan udara maupun laut. Dengan radar kesalahan yang ditimbulkan bisa semakin di minimalisir.
Selain dapat memberitahu keberadaan suatu tempat atau benda dengan akurat, radar juga bisa mengukur seberapa jauh benda itu dari pantauan kita. Sama seperti alat komunikasi lainnya, radar ini juga termasuk alat komunikasi sentral dalam sebuah militer.


No comments:

Post a Comment