Tuesday, February 25, 2020

MERUBAH FORMAT MONO JADI STEREO DENGAN AUDACITY



MERUBAH FILE SUARA MONO MENJADI STEREO DENGAN AUDACITY


Ada banyak aplikasi editor suara yang bertebaran di internet. Semua punya kelebihan dan kekurangan masing – masing. Tinggal dipilih saja aplikasi mana yang dirasa bagus. 

Ketika sobat mengedit suara baik dari rekaman atau hasil download adakalanya format file suaranya mono (satu channel) bukan stereo. Terlebih rekaman hp kebanyakan hasilnya mono. Sebenarnya mono ataupun stereo sama-sama bisa digunakan, tapi kalo kaitannya dengan kualitas suara tentu format stero lebih memiliki efek tersendiri. 

Apalagi dalam hal edit suara dengan multi track, ada beberapa apliasi editor yang tidak bisa nge save hasil project dengan format suara campuran (ada yg mono dan sebagian lagi stereo). Kalo udah gitukan malah jadi masalah.  Mau tidak mau format suaranya harus diseragamkan kalo ga mono ya stereo semua. Nah gimana caranya merubah format mono menjadi stereo???.  


Dalam tulisan ini ane mencoba berbagi pengalaman saja megenai bagaimana merubah format suara mono menjadi strereo menggunakan aplikasi editor suara Audacity . berikut langkahnya :

Buka aplikasi Audacity
Pilih “berkas/file”, plih “impor”

Pilih “Audio” (cari file suara yang akan sobat rubah formatnya) => klik file nya => Open

Blok  diagram suaranya (bisa ditarik dengan mouse atau tekan Ctrl+A), lalu klik “Salin/Copy” (bisa juga dengan menekan Ctrl+C pada keyboard).

Pilh “Trek/Track” => Add New =>   Trek stereo

Pilih “Tempel/Paste” (bisa juga dengan menekan Ctrl+V pada keyboard)

Buang track mononya (klik “X”) pada sudut kiri track

Selesai.. hasilnya tinggal disimpan.

Kalo mau kebalikannya membuat format stereo menjadi mono langkah nya sama saja cuma bedanya pada ”Add new “ pilihya “Track mono”.


Demikian bagaimana cara merubah format mono menjadi stereo menggunakan aplikasi editor suara Audacity. Moga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment