Tuesday, February 4, 2020

Cara Ngeprint Beberapa Halaman dalam Satu Lembar



CARA PRINT LEBIH DARI 1 HALAMAN DALAM 1 LEMBAR
MENGGUNAKAN PRINTER CANON

Printing adalah proses pengolahan data dalam komputer baik file dalam bentuk catatan ataupun gambar yang diwujudkan dalam bentuk cetakan tulisan atau gambar dalam kertas atau bahan lain oleh alat pencetak (Printer). Umumnya mencetak dilakukan perhalaman. Namun, untuk alasan efisiensi kadangkala mencetak perhalaman dirasa sedikit pemborosan, atau dokumen yang diprint itu hanya sebagai pengingat saja, jadi sayang kertas kalo diprint perlembar perhalaman. Bisa juga ada alasan lain yang menyebabkan kita hanya perlu mecetak beberapa halaman dalam satu lembar saja.

Nah berikut kita akan bahas mengenai bagaimana print dokumen beberapa halaman dalam satu lembar.

Langkah pertama, buka dokumen yang akan diprint!
Misalnya saya menggunakan dokumen yang saya punya :



Kemudian, klik “File” ==> “Print”




Lalu, untuk menentukan berapa halaman yang akan diprint setiap lembarnya pilih opsi sbb:



Tinggal tentukan berapa halaman perlembarnya. Dalam opsi bisa sampai 16 halaman perlembarnya mungkin beda merk printer beda juga opsinya.
Setelah itu tinggal pilih “Print” :


Selesai....

Untuk tambahan saja :
Kalau misalnya hasil print mau digandakan ”3 kali” penggandaan misalnya. Cara manualnya bisa melakukan print 3 kali. Atau langsung tentukan dalam opsi “Copies” ganti angka “1” dengan angka “3” : 



Klik “Print”. Maka otomatis printer akan mencetak 3 kali penggandaan.

Kalau memang tidak ingin print semua halaman, bisa ditentukan dulu dari halaman  berapa sampai halaman berapa yang ingin di print. Misalnya hanya ingin print halaman 2 – 5 dijadikan satu lembar tinggal pilih opsi  “Page”:



Kalau jumlah halamannya ganjil 3,5,7 halaman dst. Pilih jumlah page genap diatasnya. Kalo 3 halaman berart gunakan “4 Pages Per Sheet”, 5 halaman berart “6 Pages Per Sheet” dst.

Demikian cara print beberapa halaman langsung dalam 1 lembar. Mudah – mudahan bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment